Senin, 01 Agustus 2011

PKS: DPR Harusnya Dukung KPK Bukan Malah Kontraproduktif

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta (31/7)-Anggota DPR RI dari F-PKS, Kemal Stamboel, menilai usulan pembubaran KPK mencederai harapan publik atas pemberantasan korupsi.

Menurut dia, keberadaan KPK selama ini telah memberi harapan yang lebih baik dalam upaya pemberantasan korupsi. "DPR sebagai institusi perwakilan rakyat seharusnya bisa menyuarakan aspirasi publik itu. Jangan malah kontra produktif”, ujarnya.

Pernyataan pembubaran KPK mencuat dari Ketua DPR Marzuki Alie akhir pekan lalu. Ia mengatakan itu terkait dugaan keterlibatan pimpinan KPK Chandra M Hamzah. Chandra disebut dalam video pernyataan mantan bendahara Demokrat M Nazaruddin.

Kemal mengatakan, korupsi, masih menjalar dan mengakar keberbagai arah, “berjamaah” dan terdesentralisasi. Disamping itu korupsi telah memberikan efek multiplikasi yang membuat Negara ini menghadapi berbagai persoalan yang akut.

Kemal juga berharap bahwa Anggota DPR lainnya juga membuka sebuah kondisi kondusif yang diharapkan bisa menumbuhkan semangat berperang melawan koruptor. Seharusnya, KPK dihadapan DPR harus dianggap sebagai instrumen bersama dalam memerangi korupsi.

“Kalau ada masalah terhadap personal didalam KPK, maka masalah personal itu yang harus dituntaskan. Jangan diberangus institusinya. Dan kita minta Komite Etik bisa akuntabel dan transparan menyelesaikan masalah atas personal-personal ini," kata dia.